Rss Feed
Tweeter button
Facebook button
Digg button

Kisah Pandawa dan Kurawa

Ada seorang raja namanya Pratipa, bertahta di Kerajaan Kuru yang ibukotanya Hastinapura. Istrinya bernama Sunandha dan dia punya tiga anak : Dewapi, Bahlika, dan Sentanu. Ketika raja Pratipa sudah tua, dia ingin anaknya menggantikannya jadi raja. Ternyata Dewapi memilih untuk menjadi pertapa dan Bahlika memilih untuk mengembara ke India.

Maka dinobatkanlah Sentanu sebagai raja di Hastinapura.

Raja Sentanu menikahi Dewi Gangga. Mereka punya 8 orang anak, namun Dewi Gangga membuang 7 orang bayinya ke sungai tak lama setelah mereka dilahirkan. Ketika kali yang ke-8 anaknya hendak dibuang, Raja Sentanu mencegah perbuatan istrinya dan menyelamatkan anaknya. Dewi Gangga marah kemudian kabur ke kahyangan.

Anak yang selamat ini diberi nama Dewabrata, yang juga dikenal sebagai Resi Bhisma. Raja Sentanu menikah lagi dengan Satyawati, yang memberikannya dua putera bernama Citragada dan Wicitrawirya. Citragada mewarisi tahta ayahnya namun dia mati muda karena gugur dalam pertempuran.

Adiknya Wicitrawirya kemudian menggantikan kedudukan kakaknya. Ia menikahi Ambika dan Ambalika. Sayang, tak lama kemudian Wicitrawirya pun meninggal. Kedua janda Wicitrawirya belum punya anak :( Mereka meminta upacara suci kepada Begawan Byasa (Krishna Dwipayana) agar mereka bisa punya anak.

Selama upacara, Ambika menutup matanya, maka Krishna berkata bahwa anak yang dikandungnya buta. Anak tersebut diberi nama Drestarastra. Sedangkan Ambalika, selama upacara ia membuka matanya hingga mukanya tampak pucat. Jadilah Pandu, anaknya, bermuka pucat. Kayak orang indian muka pucat di komik Hiawata, gitu? :lol:

Pandu menikahi Kunti dan Madrid. Kunti melahirkan Yudistira, Bima, dan Arjuna. Madrid melahirkan si kembar Nakula dan Sadewa. Anak-anak inilah yang kemudian kita kenal dengan sebutan Pandawa.

Saudara Pandu, Drestarastra, menikah dengan Gendari. Ketika hamil, Gendari merasa iri dengan Kunti yang telah memiliki tiga anak sedangkan dirinya satu anak aja belum. Kemudian ketika lahir, yang keluar adalah seonggok daging. Ia kemudian meminta tolong pada Resi Byasa. Sang Resi lalu memotong-motong daging itu menjadi 100 bagian dan masing-masing dimasukkan ke dalam guci dan dikubur selama setahun. Setelah guci-guci tersebut digali, dari setiap potongan daging dalam guci tumbuhlah seorang anak. Keseratus anak Drestarastra tersebut dikenal dengan sebutan Kurawa.

Trivia : Pandawa bukanlah anak kandung Pandu. Alkisah, Pandu dikutuk bahwa ia akan meninggal bila berhubungan intim, maka ia tidak bisa memiliki keturunan. Akhirnya Pandu membawa istri2nya mengembara di hutan dan menjadi pertapa. Di hutan Kunti memanggil para Dewa untuk turun ke bumi. Mantra itu digunakannya untuk memanggil Bathara Yama, Bayu, dan Indra. Dari ketiga dewa tersebut diperolehnya Yudistira, Bima dan Arjuna. Madrid pun ikut memanggil Dewa Aswin dan mendapat putera kembar bernama Nakula dan Sadewa.

Apa yang terjadi dengan Pandu?

Ketika Kunti dan anak2nya sedang jauh, Pandu bercinta dengan Madrid. Kutukan terjadi, meninggallah ia seketika. Kemudian Madrid menitipkan anak-anaknya pada Kunti sedangkan ia sendiri menceburkan diri dalam api pembakaran Pandu untuk menyusul suaminya.

xoxoxo

Sekilas info : mulai hari ini saya akan posting cerita dongeng seminggu sekali, setiap hari Selasa :fufu:

Tagged , ,

34 thoughts on “Kisah Pandawa dan Kurawa

  1. athox says:

    okkk dahhh

  2. doel says:

    ini mungkin yg versi india yah.?setahu saya yg versi pewayangan jawa agak beda dikit,salah satunya terletak pada pandu,pandu dipewayangan jawa tdk bermuka pucat tp berleher tengeng agak noleh,dan adik pandu si yamawidura jg cacat berkaki pincang,,trus satu lagi,,pandu meninggal bukan karena berhubungan intim,dikarenakan sdh terkena kutukan dr dewa,ketika itu pandu mencoba mengabulkan permintaan sang istri ke 2 yaitu madrim untuk meminhamkan ato ngidam lebih tepatnya seekor lembu,yg notabene lembu itu adalah titihane bethara guru yg bernama lembu Andini (makanya klo pny anak jgn dinamakan andini,,hegehegehg becanda kok)akhirnya pandu terkena kutukan karena kelancangannya.!kutukan itu adalah pd suatu hari nanti dia akan bertempur dgn Raja pringgodani(salah satu jajahan astina yg ingin membelot)yg bernama Prabu Trembuko (narendra yaksa/raksasa)pandu berhasil membunuhnya tp kaki pandu tertancap Keris trembuko yg bernama keris kyai Kalanadah,ketika sedang menginjak tubuh trembuko,akhirnya pandu pun jatuh sakit dan tak bisa sembuh kembali,keris itu berhasil dicabut dan dititipkan kpd yamawidura untuk kelak di wariskan kpd sang putra panengah pandawa kekasih,Raden Permadi / Arjuna,dan keris itu pun jg diwariskan arjuna kpd anaknya yg bernama Abimanyu,putra arjuna dgn istri wara sembadra (maklum istri arjuna tiap kecamatan banyak,,wkwkwkwkwk)mohon koreksi..!! >:)

  3. lily says:

    bingung….!!! :?:

  4. egi regis says:

    banyakin lagi dong dongen nya seru juga ni……………………. : :nyucuk:

  5. Rahman says:

    >:) :nyesel: :nyucuk: :lol: :( ( :woot: :D :evil: :p =)) :) :- :?: :sleep: :die: I-) ;) ) :x :twisted: :roll: :oops: :fufu: :cry: :-o :-P :-? :( 8-O 8) (:

    cara na buat kyk ginian gmna???
    kog crita wayang na agak aneh!! kog ga’ d trusiin sich??

  6. warm says:

    wohh pantes sibuk ndongeng
    sampe ga pernah mampir ke rumah saya lagi
    :( (

  7. serasa ndengerin sandiwara radio..
    hehehe

    keep story telling :- :-
    8) 8)

  8. ateta says:

    ya amplopp..nanti kalo saya yang disuruh dongengin anak kayak gini, jenenge ra apal jeung…piye iki??

    .: oh kalo buat anak ndak usah pake namaaaa hihihi :.

  9. jarwadi says:

    wuiiih, hebat, cristin fasih banget mendongeng nya, saya jadi maluuuuuuuuuuuu

    .: walah iki yo sambil nyontek sana sini mas :lol: makanya trus disimpen di blog biar bisa dibaca kapan2 hahaha :.

  10. noni says:

    manteeeeeeeb!!! teruskan… ditunggu dongengan berikodnya next tuesday.

    .: siyaaaappp :woot: :.

  11. Nazieb says:

    Sendiko dawuh, bu dalang..

    .: *treeeekkk tek tek tekkk!* keplak2 najib :.

  12. vany says:

    Wah, ceritanya pnjg jg y, mbak..
    Akhirnya saia bisa tau gmn sjarah lgkp pandawa kurawa…
    Teruslah mendongeng ya, mbak… :)

    .: hehehe iya doakan aja bisa konsisten :.

  13. Cahya says:

    Ini seperti yang ada yang komik RA Kosasih :)

    .: oh ya? :woot: :. saya baru denger ada komiknya malah heuehuehe :.

  14. Jadi begini kisahnya Mahabharata? Dari dulu aku berusaha ngapalin namanya, tapi nggak pernah berhasil.. :-D

    .: aduh vic jangan diapalin bisa gila :lol: :.

  15. sofianblue says:

    hhohoho.. i love kurawa…

    jadi waktu ngubur daging itu disirami gitu ya?
    jadi bisa numbuh jadi jagowan…

    .: bisa dicoba loh cot :fufu: :.

  16. icit says:

    jadi pandawa itu anaknya dewa2 ya??? *kemana ajaaa*

    salam kenal..mau baca2 ya!!

    .: boleeeehh… silakan baca :woot: :.

  17. dilla says:

    eh tin, itu Pandudewanata sama Drestarastra masih punya adek satu lagi… kan 3 bersodara. Dan kalo ga salah sih, selain pucat, Pandu itu agak tengeng kepalanya, soalnya emaknya waktu bercinta itu melek tapi memalingkan muka..
    sori kalo ada yg salah, hihihihi..soalnya banyak banget versi ceritanya.. >:)

    .: iya tapi kalo gak salah itu anak dari pembantu yang lalu jadi penasehat ya.. hihihi aku coba baca2 lagi deh. tengkyu, dil! :woot: :.

  18. mbakDos says:

    kamu harus nonton pementasan wayang orangnya, bi! :)

    .: mauuuuuuuu :woot: :.

  19. pizka says:

    Luuuuuvvvv this post!
    *ciyum2 arjuna* :nyucuk:

    .: *lempar venomious* :.

  20. didut says:

    eh versi jawa dgn india tuh sama gak yah? *penyuka wayang*

    .: di beberapa bagian beda sih dut.. kamu yang nyari tau aja ya? ;) ) :.

  21. aprikot says:

    dewi kunti itu yg melahirkan anaknya lewat telinga ya tin?

    .: iya, udah dijelaskan dilla juga :woot: :.

    • dilla says:

      iya mbit. Anaknya namanya Karna, hasil hubungannya dengan Betara Surya. Karna waktu lahir udah pake jubah besi, jadi jagoan banget. Hampir ngalahin Arjuna waktu kompetisi memperebutkan Drupadi. *lha kok malah aku yang ndongengi*
      :nyucuk:

      .: selasa depan gantian kamu posting ya? hihihi :.

  22. mas stein says:

    Di hutan Kunti memanggil para Dewa untuk turun ke bumi. Mantra itu digunakannya untuk memanggil Bathara Yama, Bayu, dan Indra. Dari ketiga dewa tersebut diperolehnya Yudistira, Bima dan Arjuna. Madrid pun ikut memanggil Dewa Aswin dan mendapat putera kembar bernama Nakula dan Sadewa.

    ini masih kurang jelas mbak, dapet anaknya dikasih dalam bentuk kado gitu? apa disulap?

    .: jujur aja sih mas saya juga ndak tau… hehehehe ada usulan ndak gimana enaknya nanti kalo buat cerita ke anak? :) :.

  23. oo.. jadi ini dongeng yak?

    .: sejarah juga, bil. sejarah kan dongeng yang disepakati :p :.

  24. Chic says:

    ooooh yaaaa ide bagus! daripada ngomongin mitologi yunani kejauhan ya tin :lol:

    .: ntar kalo bosen diselingi ke yunani ya chi ;) ) :.

  25. ipied says:

    jadi Pandu membiarkan istrinya bercinta dengan para Dewa biar bisa dapet keturunan! :lol:

    hehe ceritanya ringkas dan sederhana :D tapi emang lebih enak baca komiknya ya…. *ubek2 koleksi komik RA. Kosasih*

    .: betuuuuuuuul.. iya enak kalo bergambar sih.. minta komiknya dong pied ;) ) :.

  26. Takodok! says:

    dongeng untuk anak-anak agak berat juga ya? >:)

    .: kalo buat anak2 gak usah lengkap2 namanya hon… ini aku ceritain lengkap soalnya cerita utama sih hahaha :.

  27. sez says:

    eeugh.. kenapa ada yang buang anak?
    kenapa ada yang ga boleh bercinta?
    hehe..

    .:eeeeuuh… mama tidur dulu ya nak? :lol: :.

  28. cynthinks says:

    jreeeenggg *pusing* :die:

    .: kasian :lol: *ngakak* :.

  29. galeshka says:

    Jadi untuk sesi wayang tiap hari apa bunda?

    *usul selang-seling aja gimana?* :woot:

    .: tiap hari selasa ada nak, tapi gak tau giliran dongeng dari mana hihihi :.

  30. kania says:

    too much name for me

    .: hihihi ini dilengkapin karena dongeng utama di kisah mahabharata, tante… nanti bakal dikurangin kok nama2nya :woot: :.

Comments are closed.