Rss Feed
Tweeter button
Facebook button
Digg button

Pegunungan Alpen Bagian Swiss

Eropa punya pegunungan Alpen yang saljunya abadi sepanjang tahun. Pegunungan ini terbentang dari Slovenia, Italia, Swiss, Austria, Perancis hingga Jerman. Puncak tertingginya adalah Mont Blanc yang terletak di negara Perancis.

Eiger

Eiger

Nah. Sekarang kita bahas yang di Swiss. Di negara yang gak pernah dijajah ini ada rel kereta di pegunungan Alpen yang mendaki sampe ketinggian 3454 meter itu tadi. Jalur kereta tertinggi se Eropa yang mulai dibangun pada tahun 1896. Wow. Namanya Jungfraubahn. Kereta ini mendaki dari Interlaken, Lauterbrunnen dan sekitarnya melintasi pegunungan Eiger hingga ke puncak Jungfraujoch, sejauh 7.3 km. Tenaga yang digunakan adalah tenaga listrik, dimana tenaga listriknya diestafetkan di beberapa titik stasiun yang dilewatinya seperti Grindelwald (1034 m) dan Kleine Scheidegg (2061 m).

Jungfraubahn

Jungfraubahn

Dari Interlaken, kereta Jungfraubahn menempuh 2,5 jam sekali jalan untuk tiba di Jungfraujoch. Lama ya? YAIYALAH apalagi kalo jalan kaki  :lol:

Ada apa disana? Ada salju. *ditabok*

Ada istana es, ada Sphinx observatory, dimana kita bisa memandang pegunungan Alpen dari menara yang sangat tinggi (3571 m), dan untuk fasilitas umum seperti toko suvenir, restaurant dan toilet lengkap dan bersih kok. Kalo pas gak lagi badai salju kayak kemarin pintu akses ke gunung dibuka jadi kita bisa merasakan langsung udara dan salju Alpen.

Alps1

dari dalam kereta

Tiket kereta Interlaken – Jungfraujoch pp adalah Eur 120 per orang, atau kalo kita berangkat dengan kereta paling pagi kita bisa dapat harga Eur 90. Tetep mahal :die:

Jangan khawatir. Berhematlah dengan package yang disediakan oleh dinas pariwisata *halah!* dari kota Interlaken. Biaya sudah termasuk hotel dan tiket return Interlaken – Jungfraujoch dan bonus lain-lain. Saya sarankan untuk menginap di Backpacker’s Villa Sonnenhof. Tempatnya bersih, petugasnya ramah dan sarapannya enak :twisted:

Dari balkon hotel

Dari balkon hotel

Salah seorang teman yang baik memperingatkan saya : jangan anggap remeh temperatur Switzerland. Di musim dingin bisa sampe minus 25. And it is really true. Mau tau saya pake apa kesana? Kaos tanpa lengan, kaos yang rada longgar, jaket tipis, jaket wol tebal, dan jaket yang lebih tebal dan tahan angin. Bawahnya? thermopants (legging yang bahannya menahan panas tubuh), legging biasa dua lapis, kaos kaki tiga lapis, celana jeans dan sepatu kets tebal berbahan kulit dan suede.

Begitulah kira-kira gambarannya. Belum bisa membayangkan? Seperti arem-arem beginilah saya :

arem-arem outfit

arem-arem outfit

Ndak papa. Kali ini mending mati gaya daripada mati kedinginan ;) ) Yah… Yang penting lindungi kaki, kepala, telinga dan leher dulu. Kalo itu udah terlindung niscaya *alah niscaya* bagian tubuh yang laen gak akan kedinginan. Pakailah paling tidak tiga lapis pakaian. Satu yang menyerap keringat dipake di paling dalam (underwear gak diitung!) :fufu: lalu bahan wol yang menghangatkan, lalu yang paling luar harus yang tahan angin.

Oh iya satu lagi. Tekanan udara. Kata bu guru SD, semakin tinggi suatu tempat, semakin rendah tekanan udaranya dan semakin tipis oksigennya. Dari perhitungan, pada ketinggian 5000m tekanan udara adalah sekitar 0.5 bar, yaitu setengah dari tekanan udara di laut. Pusing rasanya kayak mao pingsan. Sesak nafas pula. Siap-siap aja ya. Saya sendiri gak nyangka juga karena sejak SMP dulu suka naik gunung dan di ketinggian kok gak kerasa pusing. Mungkin karena perbedaan tekanannya terjadi dalam waktu yang sangat singkat ya? Iya gak? Iya gak sih? >:)

P.S : di gunung Alpen bagian Swiss ini gak dijual permen Alpenliebe. Ada yang tau jualnya di Alpen bagian mana? :lol:

Tagged , ,

29 thoughts on “Pegunungan Alpen Bagian Swiss

  1. Only me says:

    HRus siapin berapa tu total biayax?

    *want to know aj,kalee aj bs ksana*

  2. faldi says:

    gunung2 di peg alpen apa ajah :sleep:

  3. Ramona says:

    sekarang alpenliebe udah ada yg tangkai jg lho.. :fufu:

    penegen k sana,tp selain biaya (*di usahain dech), penyakit tak elit ku.. bengek :nyesel: .. kerennya asma :twisted: hehe..

    ramonesblog
    :lol:

  4. cadillaccar says:

    jadi pingin dan tertarik liburan kesana neh.. ada yng mau nraktir g

  5. galeshka says:

    bakar !!! bakar !!! bakar !!!

  6. toeti says:

    bikin ngiri…. kapan kesana yooo

  7. sez says:

    ih.. cemburu…. :(

  8. dilla says:

    gimana nasipku yang gak tahan dingin gini ya.. :lol:

  9. situ cuma bikin iri sahaja

  10. Christin says:

    @alfaro : mariiiiiiiiiii

    @om warm : ampuuunnnnn :fufu:

    @chic : manaaa itu lho muncul :lol:

    @the writer : iya ya harusnya ke norway aja sayangnya kemaren tebengan mobilnya ke swiss :woot:

  11. the writer says:

    huehehehehe.

    kalo mau minus dua lima, ga usah ke gunung, kesini aja. dijamin pengalaman sama. minggu depan ini pokoknya suhu dibawah minus dua puluh dan eke yang norak ini ogah memakai thermo suit kmaren, jadinya kaki aga2 mati rasa trus kayaknya sempet ada icicles kecil2 di ujung hidung hehehe

  12. Chic says:

    wooogh komenku barusan masuk akismet ya? :( (

  13. Chic says:

    oooooooo jadi ini yang bikin kamu kemaren sakit kris… cih! :-w

  14. warm says:

    tampaknya hosting blog ini benar-benar harus dihentikan :cry:

  15. PENGEEEEEENNNNN!!!!!!
    hahahaha

  16. Christin says:

    @cK : ah? oh yaaaaa? makasi loohhhh *tanpa oleh-oleh*

    @bloon : HAHAAHAHAHAHAHAHA minta ditimpuk panci keramik si bloon nih

    @didut : umm… jalan2 itu memang udah dianggarkan kok. *kalem* kok gak menganan aja dut? ;) )

  17. didut says:

    jalan jalan teros kapan nabungnya? *mengiri*

  18. tin, sepatu yang kemaren kamu kasih pas muktamar cakep banget lho tin, makasih ya….

    tahun depan pas balik bawain yang lain lagi ya…

    *sudah saatnya membeberkan rahasia*
    *sungkem buat yang ngga dapet oleh oleh dari kitin kemaren*

    *masang syal buat panci*

  19. cK says:

    kamu tetep cantik kok pake baju apa aja…

    *berharap dioleh-olehin salju*

  20. Christin says:

    @ipied :

    kalo musim dingin aja tuh untungnya. cobaaaaa kalo tiap hari disuruh pake baju kayak begitu :die:

    @jarwadi :

    boleh pilih mas, arem-arem atau lemper atau semar mendem :fufu:

    @venus :

    lha itu fotonya lho mbok kalo mao liat :) *disiram kopi panas*

    @mbak med :

    itu dia aku ya bingung mo cari apa yang khas switzerland… akhirnya gak beli apa-apa soalnya waktu turun dari gunung toko-toko pada tutup ;) )

    @gun :

    nah… ternyata program penggemukan badan kemaren di jogja ada hasilnya :lol:

    @eliabintang :

    harusnya pake topi itu el, pas gaya aja jadi topinya dilepas :woot:

    @niken :

    mau akyu aja? *minum aer keras biar awet*

  21. niken says:

    nganu tin, beneran ndak ada oleh2 yg awet disimpen buat saya? *mandang penuh harap*

  22. elia|bintang says:

    lindungi kaki kepala telinga leher tapi kok kepalanya kebuka gitu aja? hehe.. gue seumur2 blm pernah megang salju.. *ceritanya ngiri* :P

  23. gunawanrudy says:

    gak melayang ketiup angin kencang kan?

    *eh*

  24. meong says:

    oleh2 khas sono apaan, beib?
    kowe ki mlaku-mlaku terus, marai sirik, LOL

  25. venus says:

    aku blm pernah liat salju *nelongso gak jelas*

  26. jarwadi says:

    wah, arem arem beneran tuh, hehehe

  27. ipied says:

    saya tahu alpenliebe jualnya di indonesia! :) ) hahaha

    wew… tebel banget ya itu baju sehari2mu itu? *arem2 outfit* cuma pas musim dingin aja kan? pasti disana duiiingin banget !

    makasih dah di sharing pegunungan alpen-nya yaaa :D

Comments are closed.